• FYI

    15 Desember 2020

    Untuk yang Kedelapan Kalinya, Damkar Ciamis Evakuasi Ular dari Lokasi Ini!


    Mako Damkar Galuh Ciamis menerima laporan warga bernama Pipin (40) tentang kehadiran seekor ular phyton jenis sanca batik pada hari Senin (14/12/2020) pukul 18.30 WIB, di kandang ayam petelur milik kakaknya.

    Lokasi kejadian berada di kandang ayam petelur milik Asep (46) yang terletak di Lingkungan Burujul RT 006 RW 005 Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

    Pipin pada awalnya mendengar suara gaduh dari arah kandang dan setelah diperiksa olehnya ternyata keributan tersebut berasal dari ayam-ayam yang merasa ketakutan karena munculnya ular di rangka atap kandang. Selanjutnya Pipin langsung melaporkan hal tersebut ke Kantor Damkar Ciamis.

    Petugas Damkar Ciamis, Adang dan Suheri, kemudian segera meluncur ke lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit armada pancar bernopol Z 9920 T. Para petugas mulai menangani masalah ini pada pukul 18.40 WIB.

    Kedua anggota Damkar Ciamis dibantu pengurus kandang melakukan evakuasi dengan menggunakan snake grabber (stick ular). Akhirnya, Malayopython reticulatus sepanjang lebih kurang 3,5 meter, berdiameter 10 cm dan seberat 10 kilogram, tersebut dapat diselamatkan.

    Hambatan proses evakuasi ini adalah karena ular sanca batik tersebut berada di atas rangka atap kandang, sehingga membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk menariknya ke posisi yang aman sebelum kemudian diambil oleh petugas. Diduga, keberadaan ular tersebut di bagian atas adalah karena sedang mengintai untuk memangsa ayam.

    Evakuasi ular berjalan lancar dan reptil berukuran lumayan besar tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah khusus untuk penanganan berikutnya. Proses evakuasi berlangsung hingga pukul 20.30 WIB.

    Diketahui, berdasarkan catatan Tim Damkar, evakuasi ular di tempat tersebut sudah yang kedelapan kalinya, dengan ukuran ular yang berbeda-beda. Diduga, keberadaan kandang ayam merupakan daya tarik tersendiri bagi reptil-reptil tersebut untuk datang dan mendapatkan makanan.

    Sumber: Damkar Ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi