• FYI

    12 Maret 2021

    Violla, Rani, dan Desi Terpilih sebagai Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2021


    Pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis akhirnya memasuki tahap akhir dengan ditetapkannya 3 orang pemenang, setelah mengikuti seleksi wawancara pada hari Selasa (9/3/2021), bertempat di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis.

    Pemilihan duta baca merupakan program yang awalnya digagas oleh Perpustakaan Nasional RI, bertujuan menampilkan sosok inspiratif yang akan menjadi motivator kegemaran membaca, sekaligus menjadi juru kampanye budaya gemar membaca melalui berbagai media.

    Sebelumnya, seleksi duta baca di tingkat Kabupaten Ciamis telah mulai disosialisasikan oleh Diperpuska Ciamis sejak bulan November 2020. Pelaksanaan pendaftaran dijadwalkan mulai 1 Desember 2020 hingga 15 Januari 2021. Seleksi wawancara dan pengumuman pemenang direncanakan akan berlangsung pada bulan yang sama. Namun demikian, situasi dan kondisi yang sedang berjalan menyebabkan pelaksanaan seleksi mengalami penundaan sementara.

    Pada tahap awal, para calon duta baca diharuskan melalui proses pendaftaran dengan memenuhi berbagai syarat, di antaranya: mengisi formulir online, berusia 18-23 tahun, menyertakan scan ijazah SMA, SMK atau MA, scan Surat Keterangan Masih Kuliah (Kemahasiswaan), scan KTP/Surat Keterangan Domisili, scan Surat Keterangan Sehat, scan Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten, dan scan Surat Rekomendasi Ketua Komunitas atau TBM (Taman Bacaan Masyarakat).

    Peserta yang lolos setelah mengikuti tahap seleksi adminitrasi tersebut berjumlah 14 orang dan diumumkan pada 24 Februari 2021. Para peserta yang lolos tersebut berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis.

    Pada tahap akhir, terpilih tiga orang pemenang, yakni: Violla Anggiani, berasal dari Imbanagara, sebagai juara pertama; Rani Fibrianti, berasal dari Panawangan, sebagai juara dua; dan Desi Ratna Ayu, berasal dari Kawali, sebagai juara tiga. Para pemenang ini akan menjadi duta baca Kabupaten Ciamis tahun 2021, sekaligus mengemban amanah untuk menjadi motivator dan mengkampanyekan kegemaran membaca di wilayah Tatar Galuh Ciamis.

    Panitia penyelenggara memberi selamat kepada para pemenang, sekaligus menyemangati para peserta yang belum terpilih meraih gelar duta baca tahun ini. Semua kaum muda dapat mengambil peran dalam menggelorakan semangat membaca, dengan terus berkarya dan menjadi inspirasi bagi masyarakat.

    Sumber: @diperpuskaciamiskab
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi