• FYI

    21 September 2021

    Dukung Upaya Pemutusan Mata Rantai Penyebaran Covid-19, 1000 Pedagang Pasar Manis Ciamis Ikuti Vaksinasi Massal


    Percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Ciamis terus digenjot dalam rangka membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di seluruh kalangan masyarakat. Terlebih, bagi mereka yang beraktivitas di area publik atau sehari-hari memiliki risiko terpapar lebih tinggi.

    Pemkab Ciamis melalui Dinas Kesehatan, Dinas KUMKP (Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan), dan UPTD Pasar Ciamis berkolaborasi dengan HPPC (Himpunan Pedagang Pasar Ciamis) menyelenggarakan Vaksinasi Massal Covid-19 untuk para pedagang di Pasar Manis Ciamis.

    Vaksinasi dosis pertama yang menggunakan vaksin Sinovac ini menyasar 1000 orang pedagang, dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa (20-21 September 2021), dengan lokasi dipusatkan di lokasi UPTD Pasar Manis Ciamis, yang terletak di Kompleks Pasar Ciamis.

    Ketua HPPC Dodi Daryanto, sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemkab Ciamis, menjelaskan bahwa pemberian vaksinasi kepada para pedagang di Pasar Manis Ciamis adalah bentuk upaya untuk menekan dan memutus penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Ciamis.

    “Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama ini dilaksanakan selama 2 hari, dengan pembagian jumlah 500 vaksinasi per hari, untuk mengurai potensi kerumunan,” terang Dodi.

    HPPC, ungkap Dodi, sebelumnya telah melaksanakan pendataan para pedagang sebagai persiapan menjelang vaksinasi. Para pedagang menyambut baik dilaksanakannya vaksinasi ini, sebagai ikhtiar melawan pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun lamanya ini.

    Rizkia, salah satu peserta vaksinasi, misalnya, mengungkapkan kegembiraannya dapat menerima vaksinasi Covid-19 pada hari Senin (20/9/2021). Ia mengaku mengikuti kegiatan Vaksinasi Massal tersebut atas kesadaran sendiri, dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai pandemi.

    “Salah satunya dengan vaksinasi ini,” ujarnya.

    Ketua HPPC Dodi Daryanto mengajak masyarakat yang masih ragu-ragu untuk tak lagi takut divaksin. Ia menyerukan dukungan bagi upaya pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi. Mengikuti vaksinasi, menurutnya, harus dijalani dengan kesadaran sendiri, karena vaksin ini penting.

    Pemkab Ciamis melalui Dinas Kesehatan dan berbagai dinas instasnsi terkait terus melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat pemberian vaksinasi. Tak hanya ditujukan kepada warga desa/kelurahan melalui puskesmas-puskesmas setempat, vaksinasi juga sudah menyasar kalangan pelajar, santri dan mahasiswa, ibu hamil, penyandang disabilitas, ODGJ, serta elemen masyarakat lainnya.

    Sumber: Pemkab Ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi