• FYI

    23 September 2021

    Dilepas Pimpinan Fakultas, 18 Mahasiswa Unigal Jalani KKN Tematik di Desa Mangkubumi


    Sebanyak 36 orang mahasiswa Universitas Galuh Ciamis dilepas secara resmi untuk mengikuti KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Tahun 2021. Para peserta KKN-T yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan FISIP Unigal tersebut merupakan mereka yang terbaik dan telah terpilih dalam proses seleksi beberapa waktu sebelumnya. Keseluruhan peserta dibagi ke dalam dua kelompok yang masing-masing terdiri atas 18 orang mahasiswa, dan ditempatkan di dua desa, yakni Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, dan Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya.

    Pelepasan 18 orang mahasiswa peserta KKN-T yang berasal dari FE dan FISIP Unigal, sekaligus penerimaan oleh pihak Pemerintah Desa Mangkubumi, dilaksanakan pada hari Selasa (21/9/2021) bertempat di Aula Desa Mangkubumi. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Mangkubumi Ali Muhidin, S.Pd., M.M., dan Sekretaris Desa Gilar Yuga Noerisman, S.Pd. Sementara itu, para mahasiswa KKN-T didampingi oleh para dosen pembimbing lapangan, yakni Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M., (Dosen Manajemen FE Unigal), Dendy Syaiful Akbar, S.E., M.Ak., (Dosen Akuntansi FE Unigal), dan Regi Reifan Garis, S.IP., M.Si., (Dosen FISIP Unigal).

    Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, para pimpinan FE dan FISIP Unigal, yang terdiri atas Dekan Fakultas Ekonomi Unigal Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M., Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi Elin Herlin, S.Pd., M.M., dan Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Endah Vestikowati, S.IP., M.Si.

    Dekan Fakultas Ekonomi Unigal Dr. Nurdiana Mulyatini S.E., M.M., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Desa Mangkubumi karena telah bersedia menerima para mahasiswa Universitas Galuh untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik, yang merupakan bagian dari Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.


    “Semoga kegiatan KKN Tematik ini dapat membantu Desa Mangkubumi menjadi desa yang lebih baik lagi dalam hal digitalisasi, sesuai dengan tema besar kita yaitu ‘Membangun Desa Dengan Literasi Digital’,” ujarnya.

    Menjawab harapan pihak Unigal, Kepala Desa Mangkubumi Ali Muhidin, S.Pd., M.M,. menyatakan kesiapan pihaknya untuk membantu seluruh program yang akan dijalankan oleh mahasiswa peserta KKN Tematik dari Universitas Galuh Ciamis.

    Pihak Pemdes Mangkubumi juga berkesempatan menjelaskan sekilas mengenai program yang akan dilaksanakan, yaitu optimalisasi SIDEMIT (Sistem Informasi Desa-Desa Melek IT). Sekretaris Desa Gilar Yuga Noerisman, S.Pd. menyatakan, sistem tersebut akan mempermudah pelayanan masyarakat, yang nantinya akan berkelanjutan dalam hal menginput data, pembuatan KTP, pembuatan SKU, dan lain-lain.

    Kegiatan pelepasan dan penerimaan peserta KKN-T dari Unigal Ciamis berlangsung dengan baik dan lancar, serta tetap mengedepankan protokol kesehatan. Pemerintah Desa Mangkubumi menyambut hangat kehadiran para peserta KKN-T tersebut.

    Aldi Wijaya Kusuma, Ketua Kelompok KKN-T di Desa Mangkubumi mengungkapkan kesiapannya untuk menjalankan berbagai program di desa tersebut.

    “Kami akan menjalankan program kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh desa, dan mengembangkan potensi yang ada di Desa Mangkubumi ini,” tuturnya.

    Kontributor: @agungs_7699
    Foto: dokpri
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi