• FYI

    24 September 2021

    Istimewa, Bos! Perpustakaan SMKN 2 Ciamis Jadi yang Terbaik se-Jawa Barat!


    Kepeloporan Kabupaten Ciamis dalam dunia literasi di Provinsi Jawa Barat terus ditunjukkan dengan prestasi nyata. Secara membanggakan, empat wakil dari Tatar Galuh baru-baru ini meraih penghargaan dalam lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat.

    Perpustakaan SMK Negeri 2 Ciamis meraih posisi terbaik sebagai Juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA, yang merupakan salah satu kategori pada Lomba Minat Baca dan Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat (Dispusipda Jabar).

    Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis dalam rilisnya menyebut, tak hanya SMKN 2 Ciamis yang mendapat hadiah atas prestasi dalam Lomba Minat Baca dan Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Terdapat 3 perpustakaan lagi yang meraih prestasi membanggakan.

    Ketiganya yakni: Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciamis yang meraih Juara 2, dan Perpustakaan MAN 2 Ciamis yang meraih Juara Harapan 1, pada Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat SLTA Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021; dan Perpustakaan “Pelita Hati” Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing, yang meraih Juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

    Penyerahan hadiah lomba tersebut dilaksanakan pada hari Senin (13/9/2021) bertempat di Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung. Acara tersebut dihadiri oleh Kadispusipda Jabar, Dr. H. Ir. Ahmad Hadadi, M.Si., Kepala Bidang BPBGM Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, S.H., M.M., dan jajaran, serta dihadiri oleh para pemenang lomba.


    Pencapaian ini bagi SMKN 2 Ciamis tak pelak merupakan satu lagi pembuktian bahwa “SMK Bisa!” dan merupakan apresiasi yang amat berharga atas upaya sekolah dalam menjadikan perpustakaan sebagai unggulan.

    “Perpustakaan sangat penting di sebuah sekolah. Perpustakaan diberdayakan semaksimal mungkin agar sesuai dengan peruntukannya sebagai pusat informasi, pusat belajar para siswa, dan pusat literasi warga sekolah,” ungkap Kepala SMKN 2 Ciamis Didin Rusdiana, S.Pd., M.M., sebagaimana dilansir dalam kanal YouTube sekolah tersebut.

    SMKN 2 Ciamis pada laman yang sama menyampaikan, perpustakaan sekolah sejak awal memiliki visi untuk mampu berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan mengembangkan perpustakaan menjadi pusat belajar dan informasi.


    Perpustakaan sekolah SMKN 2 Ciamis juga menjalankan 3 misi, yakni: pertama, menumbuhkan minat baca warga sekolah; kedua, menerapkan teknologi informasi untuk mewujudkan perpustakaan sebagai penyedia informasi secara global; ketiga, memberikan layanan yang ramah, baik dan santun. Realisasi visi misi tersebut kini terbukti membuahkan prestasi terbaik dan mendapat apresiasi yang luar biasa.

    Sementara itu, dilansir Dispusipda Jabar, pemenang Lomba Minat Baca dan Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 adalah sebagai berikut:
    1. Juara 1 Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan diraih oleh Perpustakaan Cikundul, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembur Situ, Kota Sukabumi.
    2. Juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat SLTA diraih oleh SMKN 2 Ciamis
    3. Pustakawan Berprestasi diraih oleh Yuli Asmawati, S.Pd. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi.
    4. Juara 1 Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI dan Sederajat diraih oleh Syifa Keyla Nurputri dari Kabupaten Bandung.

    Sumber: @dispusipdajabar, @diperpuskaciamiskab
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi