• FYI

    24 September 2021

    Lupa Matikan Api di Tungku Dapur, Sebuah Rumah Hangus Terbakar di Pawindan


    Kecil jadi teman, besar jadi lawan. Ungkapan yang amat populer ini sepatutnya terus menjadi pegangan dan perhatian warga. Sebagaimana sering disampaikan di dalam berbagai himbauan, sebaiknya warga tak meninggalkan rumah di kala sedang menyalakan api di tungku atau kompor.

    Kejadian nahas menimpa Ano, warga Dusun Ranca Utama RT 009 RW 011, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, yang rumahnya mengalami kebakaran, setelah ia lupa meninggalkan kediamannya pada saat api di tungku masih menyala dan akhirnya merambat ke bagian rumah yang lain.

    Musibah kebakaran tersebut terjadi pada hari Jumat (24/9/2021) sekira pukul 13.12 WIB dan menghanguskan bangunan permanen berukuran 3 x 4 meter persegi miliknya, dan mengakibatkan kerugian sekitar Rp. 25 juta. Tidak terdapat korban jiwa, tetapi rumah yang dihuni oleh satu 1 KK dengan 2 anggota keluarga tersebut mengalami kerusakan parah.

    Kantor UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis yang menerima laporan dari Faisal, warga setempat, tiba di lokasi pada pukul 13.16 WIB atau 4 menit response time setelah laporan masuk.


    3 orang petugas Damkar yang sedang piket, didukung 1 orang anggota siaga dan 2 orang anggota BP tiba di lokasi dan menemukan api masih menyala melalap bangunan rumah tersebut. Petugas dengan menggunakan 1 unit kendaraan pancar bernopol Z 9920 V dan 1 unit tangki supply bernopol Z 8450 T segera melakukan pemadaman dan pendinginan.

    Lokasi kebakaran dinyatakan aman pada pukul 14.10 WIB dan petugas kemudian melakukan pendataan akhir sebelum kembali meluncur ke kantor UPT Damkar Ciamis.

    Sebagai informasi, kejadian terbakarnya rumah akibat lupa mematikan api tungku atau kompor bukan yang pertama terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis. Jika api merambat mengenai bahan-bahan yang kering dan mudah terbakar, maka akibatnya akan sangat parah dan api sulit untuk dikendalikan.

    Kompas.com mengutip The Garden Granny pernah melansir 7 penyebab kebakaran rumah, yakni:
    1. Dapur 
    2. Rokok 
    3. Lilin 
    4. Perangkat elektronik
    5. Instalasi kabel internal 
    6. Produk kimia rumah tangga 
    7. Anak-anak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi