• FYI

    25 September 2021

    Melongok Semangat Para Anggota Pramuka saat Gerakan Pungut Sampah di Pasar Manis Ciamis


    Hari sudah menjelang siang, ketika para anggota pramuka yang awalnya berkumpul di perempatan lampu merah dekat Koramil Ciamis mulai bergerak ke arah Pasar Manis Ciamis, sekitar Jalan Rumah Sakit dan area sekitarnya. Hari itu, Selasa (21/9/2021) mereka melaksanakan aksi GPS (Gerakan Pungut Sampah) yang digelar oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis, di bawah pimpinan Ketua Kwarcab Ciamis H. Nanang Permana, S.H. Kegiatan tersebut diselenggarakan masih dalam suasana peringatan World Cleanup Day Tahun 2021.

    Asri Laila, Rudi Septian, Nadia Nurazkia, Sela Nurmayanti, dan Wildan Hasbi Sidqi tampak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Mereka merupakan bagian dari anggota pramuka yang berasal dari Pangkalan SMK Miftahussalam Ciamis dan berdasar pengaturan termasuk ke dalam Wilayah 1 pelaksanaan GPS. Pangkalan tersebut, yang dipimpin ketua ambalan Rudi Septian dan Sela Nurmayanti, di bawah bimbingan pembina Asep Tian, mengirimkan sekitar 70 anggota untuk mengikuti giat tersebut.


    Utusan dari pangkalan SMK Miftahussalam tergabung di Wilayah 1 yang meliputi Ciamis, Cijeungjing, Baregbeg, dan Sadananya. Tercatat 323 anggota pramuka yang tergabung di wilayah tersebut, dan 2 kelompok di antaranya dipimpin oleh leader Ilham Nugraha dan Ade Heru, beranggotakan para utusan dari pangkalan SMAN 1 Ciamis, MAP Darul Ulum, SMAIT MD Fathahillah, dan MA Al Hasan.

    Aksi bersih-bersih dilaksanakan selama sekitar dua jam, mulai pukul 9.30 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. Tak hanya mereka, banyak anggota pramuka melaksanakan aksi serupa berlangsung di tiap kecamatan. Pelaksanaan GPS dilakukan dengan membagi anggota di berbagai tempat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan lebih lancar.

    “Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya, menambah pengalaman baru, pengetahuan yang baru juga, menjadi lebih disiplin dalam segala hal, menambah relasi pertemanan, bisa belajar untuk gimana caranya kita bisa lebih kompak juga dalam menjaga kebersihan lingkungan kita,” ungkap Asri Laila, salah satu peserta GPS kepada CIAMIS.info.


    Ditambahkannya, Gerakan Pungut Sampah yang diikutinya terdiri atas 2 kegiatan, yaitu Webinar Pengelolaan Sampah dan Manajemen Kegiatan yang menghadirkan Waka Orgakum Kwarcab Ciamis dan pemateri dari Bank Sampah Ciamis pada tanggal 19 September 2021, dan Hari H pelaksanaan GPS pada 21 September 2021 tersebut.

    Para peserta aksi GPS memungut sampah organik dan non organik di lokasi kegiatan. Setelah itu, sampah organik dikumpulkan ke lokasi truk sampah, sementara sampah non organik dibawa pulang untuk dijual.

    Kontributor: @asrilailafn
    Editor: @ciamis.nulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi