• FYI

    30 Oktober 2021

    Penantian Warga Berakhir, Aspal Hotmix Akhirnya Sentuh Kawasan Desa Bahara


    Warga Desa Bahara, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, sedang merasa sangat bersyukur dan bergembira pada beberapa hari terakhir ini. Pasalnya, penantian sekian lama untuk terlaksananya perbaikan jalan desa akhirnya terjawab sudah.

    Terhitung mulai hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas terkait melaksanakan peningkatan kualitas jalan yang sudah berstatus sebagai jalan kabupaten tersebut.

    Sebelumnya, pada awal bulan Agustus 2021, informasi mengenai kondisi Jalan Desa Bahara sempat disampaikan oleh warga kepada CIAMIS.info melalui kotak pesan media sosial. Foto-foto tersebut menunjukkan kondisi permukaan jalan yang rusak dan pada saat turun hujan akan lebih sulit dilalui oleh pengguna kendaraan, khusunya kendaraan bermotor roda dua.


    “Kondisinya rusak parah, apalagi pada saat turun hujan, sudahlah becek berlubang-lubang juga, suka banyak yang jatuh,” ungkap salah seorang warga setempat.

    Jalan yang rusak, imbuhnya, terkadang ditanami dengan pohon pisang atau pohon talas oleh ‘orang jahil’ sebagai tanda protes atas kondisi tersebut. Cara protes seperti itu, pada beberapa waktu terakhir cukup populer untuk menunjukkan aspirasi warga dan meminta perhatian dari pihak terkait.


    Meskipun pengukuran jalan sudah dilakukan oleh pihak kabupaten pada setahun sebelumnya, tetapi realisasinya belum juga terlaksana. Hal tersebut semakin dinanti-nantikan oleh warga. Menindaklanjuti aspirasi masyarakat, pihak Desa Bahara telah beberapa kali mengajukan proposal untuk perbaikan jalan tersebut.

    Penantian itu kini terjawab sudah di bulan Oktober 2021. Tak tanggung-tanggung, pengaspalan jalan Desa Bahara juga terlaksana dengan menggunakan aspal hotmix. Sebelumnya, menurut warga, jalan tersebut belum pernah di-hotmix, sehingga pengaspalan kali ini sangat menggembirakan masyarakat setempat.


    Jelang pelaksanaan proses pengaspalan ini, sebelumnya dilakukan proses pembuatan TPT (Tembok Penahan Tanah) dan perbaikan kondisi jalan, yang berjalan selama sekitar 3 minggu lamanya.

    “Alhamdulillah, kegembiraan yang tak ada duanya. Pengaspalan ini sudah ditunggu-tunggu sejak dari zaman bupati terdahulu. Ini pertama kalinya di-hotmix, lebih kurang 1.800 meter jalan Desa Bahara sudah bagus dan lancar,” tutur Rifan, warga setempat kepada CIAMIS.info (28/10/2021).


    Masyarakat, tuturnya, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pembangunan jalan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

    Penulis: @ciamisnulis
    Foto: @rifandwiyan
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi