• FYI

    14 Desember 2021

    Ajib, Bos! Desa Sindangbarang Raih Peringkat ke-4 BPD Juara se-Provinsi Jawa Barat


    BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, secara membanggakan berhasil meraih peringkat ke-4 dalam daftar 13 Besar Pemenang Lomba BPD Juara Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

    Hal tersebut termaktub dalam surat keputusan yang dirilis oleh Panitia Hari Ulang Tahun PABBSI (Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Daerah Seluruh Indonesia) Nomor SK-01/Pan.Ultah PABPDSI/XII/2021 tertanggal 7 Desember 2021. Keputusan tersebut diambil setelah sebelumnya memperhatikan Berita Acara Hasil Penilaian Tim Juri dan Panitia Lomba BPD Juara Tahun 2021 yang dibuat pada tanggal 6 Desember 2021.

    Desa Sindangbarang berada di posisi keempat setelah Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, di urutan pertama, kemudian Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, di urutan kedua, dan Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, di urutan ketiga.

    Posisi yang diraih oleh Desa Sindangbarang ini menjadi catatan istimewa, karena mampu berada dalam 13 Besar di tingkat provinsi, di antara desa-desa lain yang posisi geografisnya lebih dekat dengan pusat pertumbuhan ekonomi atau kawasan yang dianggap lebih maju dan sering disebut wilayah penyangga. Di sisi lain, pencapaian ini juga tak dapat dipandang remeh, sebab menurut data BPS (2019), terdapat 5.957 desa di seluruh Provinsi Jawa Barat.

    Saat ini BPD Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, beranggotakan 9 orang, yakni Asep Kurnia (ketua merangkap anggota), Titi Cahyati, Eneng Kokom, Sutrisna Ririn, Arumsari, Irwan Saepuloh, Budi Setiadi, Siti Nurohmah, dan Indra Lesmana.

    Penilaian pada Lomba BPD Juara yang digelar dalam rangka peringatan ulang tahun PABPDSI Jawa Barat ini mencakup kelengkapan administrasi, dan peran BPD yang berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Ketua BPD Desa Sindangbarang Asep Kurnia kepada CIAMIS.info mengungkapkan rasa syukur dan gembiranya atas capaian yang diraih oleh lembaga yang dipimpinnya. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa di Ciamis untuk terus berkarya dan meraih kemajuan.

    “Alhamdulillah, puji dan syukur atas apa yang telah diraih. Ini membuktikan bahwa Ciamis bisa. Kita berada di nun jauh dari perkotaan, dan berada di pegunungan, tapi kita bisa bersaing dengan desa-desa yang lain. Semoga dengan prestasi ini membawa desa-desa Ciamis lebih termotivasi untuk aktif dan berkarya, sehingga membawa desa-desa di Ciamis semakin maju,” tuturnya.

    Sementara itu Kepala Desa Sindangbarang Dedi Cakra mengungkapkan kegembiraan yang sama.

    “Alhamdulillah, ini adalah berita yang menggembirakan, BPD Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, meraih prestasi juara ke-4 se-Jawa Barat. Semoga semakin bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun Desa Sindangbarang menjadi lebih maju,” ujarnya.

    Kontributor: @indralesm
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi