• FYI

    26 Februari 2022

    Resmi Ditetapkan, Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2022 Emban Tugas Kenalkan Peran dan Fungsi Perpustakaan


    Pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2022 baru saja berakhir, setelah melalui proses yang cukup panjang. Tiga nama terpilih sebagai juara dalam grand final yang digelar pada hari Kamis (24/2/2022), bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis.

    Para juara yang terpilih dan ditetapkan sebagai Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2022, yakni Nandi sebagai Juara 1, Wina Widianti sebagai runner-up, dan Galuh Angling Bagaskara yang meraih posisi ketiga. Ketiganya merupakan yang terbaik dari 14 orang peserta yang berhasil lolos ke tahap grand final. Juara 1 dan runner-up, selanjutnya akan mewakili Kabupaten Ciamis pada ajang pemilihan duta baca di tingkat Provinsi Jawa Barat.

    Sebelumnya, proses pemilihan duta baca di tingkat Kabupaten Ciamis telah dimulai sejak 30 Desember 2021, yakni fase pendaftaran yang berlangsung hingga 20 Februari 2022. Para pendaftar melewati tahapan seleksi pemberkasan yang menghasilkan sebanyak 14 orang finalis.

    Para finalis yang terpilih tersebut, pada tahap grand final ditugaskan untuk mempresentasikan kegiatan literasi yang sudah, sedang, dan akan dilakukan jika terpilih menjadi duta baca. Setiap finalis juga wajib menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para juri.

    Penilaian terhadap para finalis meliputi beberapa kriteria, yakni public speaking, penguasaan materi presentasi, kreativitas program literasi, dan personal branding.

    Bertindak sebagai anggota dewan juri pada Pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2022, yakni Dase Fadlil Yusdy Mubarak, S.H., sebagai perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, pustakawan Winisudarwanti S.Sos., M.A., Nadia Pamugi Afini, S.E., (Duta Perpustakaan Kabupaten Ciamis Tahun 2019), dan Wildan Fauzan, S.H., yang mewakili Paguyuban Duta Baca Ciamis.

    Wini, salah seorang juri menyebutkan penilaian terhadap para finalis meliputi beberapa kriteria.

    "Kriterianya public speaking, penguasaan materi, jadi mereka sudah memahami literasi itu apa," ujarnya.

    Ditambahkannya, sosok yang meraih posisi juara pertama dan runner-up memiliki kelebihan masing-masing.

    "Juara 1, Nandi, dia jam terbangnya sudah banyak, dia ikut komunitas, literasinya pun sudah diterapkan. Untuk Neng Wina, dia sudah punya media sendiri," tuturnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para finalis yang telah berpartisipasi pada pemilihan duta baca tahun ini.

    Ditegaskan Kepala Diperpuska Ciamis, keberadaan para duta baca bukannya tanpa maksud dan tujuan.

    "Maksud dan tujuan dilaksanakan pemilihan duta baca yaitu untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang peran dan fungsi perpustakaan," ungkapnya.

    Sumber: @dutabacaciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi