• FYI

    25 Maret 2022

    Rutin Berbagi Sedekah Nasi, Giat Komunitas Driver Online Ciamis yang Menginspirasi


    Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah memberi dampak yang amat berat di berbagai aspek kehidupan. Salah satu yang dirasakan, yakni berkurangnya daya kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, karena berkurangnya pendapatan dan lesunya perekonomian.

    Meski sama-sama mengalami dampak negatif akibat berlangsungnya pandemi, para driver ojek online dari komunitas Driver Ojol Ciamis (DOC) tetap mengedepankan rasa kemanusiaan dan jiwa sosial terhadap sesama.

    Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan sedekah rutin yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat, dengan membagikan paket nasi bungkus dan mengambil lokasi di sekitar wilayah kota Ciamis.


    Komunitas yang berdiri sejak tanggal 8 Oktober 2019 ini biasanya diwakili oleh paling tidak sekitar 10 orang anggota dalam setiap aksi atau giat rutin berbagi sedekah pada hari Jumat. Jumlah anggota yang ikut ini akan menyesuaikan dengan kesanggupan dan kesempatan yang dimiliki oleh para driver yang mau bergabung sebagai relawan.

    Para driver anggota DOC biasanya bergerak pada sekitar pukul 10.00-11.00 WIB dengan membawa paket nasi sedekah untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Kehadiran para driver pembawa paket nasi sedekah tersebut disambut dengan antusias oleh warga penerima manfaat, di antaranya para penarik becak, atau kaum duafa lainnya.

    Pembagian nasi sedekah dilakukan di titik-titik yang telah direncanakan, atau secara spontan, sesuai dengan keberadaan warga yang membutuhkan.

    “Paket nasi sedekah yang dibagikan tidak selalu sama jumlahnya, pendanaannya berasal dari para anggota, dan kadang didukung oleh para hamba Allah penyumbang dari luar,” tutur salah seorang relawan DOC kepada CIAMIS.info.


    Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini terutama untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota DOC, antara ojol dengan masyarakat, dan berbagi sebagian rezeki yang telah didapatkan.

    Komunitas Driver Online Ciamis (DOC) kini beranggotakan tak kurang dari 76 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Tatar Galuh Ciamis, dan berada di bawah pimpinan Ketua Umum Yayan Taryana.

    Kegiatan pembagian nasi sedekah yang rutin dibagikan oleh komunitas DOC membawa arti dan menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Selain itu, komunitas DOC juga mengadakan berbagai kegiatan lainnya untuk meningkatkan rasa persaudaraan, menebar kebaikan, dan memupuk jiwa sosial kemanusiaan.

    Sumber: @driver_online_ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi