• FYI

    28 Oktober 2022

    Bermodus Alihkan Perhatian, Komplotan Pencuri Gasak Handphone Penjaga Toko di Kawali


    Meski tergolong klasik dan lawas, modus pencurian dengan mengalihkan perhatian korban atau sasaran, masih tetap digunakan oleh para pelaku tindak kriminal pencurian.

    Kamis (27/10/2022), pukul 13.04 WIB, handphone (ponsel) seorang penjaga toko digasak oleh salah satu pengunjungnya. Pencurian ini terjadi di Toko Sampurna Sosis yang terletak di seberang Toko Setia, Kawali, Ciamis.

    Setelah dicek melalui video CCTV di toko tersebut, pelaku ternyata tidak beraksi sendirian. Laki-laki berbaju dan bertopi hitam tersebut bertugas mengambil barang, tetapi dibantu oleh dua orang perempuan yang mengalihkan perhatian korban.

    Para pelaku terdiri atas 4 orang, terdiri atas dua perempuan yang bertugas mengalihkan perhatian penjaga toko, seorang laki-laki yang menjadi pemungut, dan seorang lagi bertugas menunggu di motor untuk menjemput pelaku sesudah membawa barang.

    Dua anggota komplotan yang perempuan bertugas bertanya harga ini-itu untuk mengalihkan perhatian penjaga toko. Aksi kedua perempuan itu membuat penjaga menjadi tidak fokus.


    Kejadian yang dialami korban, yang saat itu sedang bertugas menjaga Toko Sampurna Sosis Kawali, ternyata sangat mirip dengan yang pernah terjadi di beberapa lokasi lainnya. Bahkan, korban lain tersebut di antaranya adalah temannya sendiri yang sedang bekerja di percetakan CV Mulia Citra Mandiri, berlokasi di daerah Margamulya (dekat Madrasah Aliyah Nurul Huda), Kawali. Kejadian tersebut berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2022.

    "Orangnya sama, baju sama topinya, dan yang perempuannya juga sama, berdua. Yang kurus pake helm pink, sama yang agak gemuk satu orang lagi," tutur Asri, teman yang juga sesama korban pencurian.

    Pelacakan terakhir terhadap posisi ponsel yang dicuri menunjukkan barang tersebut sudah melalui wilayah Pamarican, dan terakhir ada di kawasan Banjarsari.

    Beberapa warganet yang menanggapi berita pencurian ini, mengaku pernah mengalami atau mengetahui kejadian dengan modus serupa dengan lokasi kejadian di Bandung, Banjar, dan kota Ciamis.

    Kejadian yang sudah kesekian kalinya ini menjadi peringatan untuk para pemilik atau pengelola toko, serta para karyawan atau penjaga toko (shopkeeper), untuk selalu waspada pada modus kejahatan seperti ini, tanpa mengurangi keramahan terhadap para customer.

    Dilihat dari beberapa info yang masuk, para pelaku kerap berkeliaran di wilayah Ciamis dan sekitarnya.

    Kontributor: @xiociii
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi