• FYI

    24 Oktober 2022

    Dukung Peningkatan Perekonomian Peternak, Kodim 0613 Ciamis dan DPC HPDKI Ciamis Gelar Kontes Seni Ketangkasan Domba Garut


    Dalam rangka menyemarakkan HUT TNI ke-77 Tahun 2022, Kodim 0613 Ciamis bekerja sama dengan DPC HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing) Kabupaten Ciamis menggelar Semi Kontes Seni Ketangkasan Domba Garut pada hari Minggu (23/10/2022) bertempat di Lapang Pusparaya, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

    Uji ketangkasan domba yang diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah tersebut menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang, baik juara di masing-masing kelas (A, B, dan C), maupun untuk juara favorit. Para juara akan memperoleh hadiah kulkas, mesin cuci, TV, dan lainnya, sesuai prestasi yang diraih.

    Kegiatan yang menarik perhatian masyarakat ini diatur sedemikian rupa sesuai aturan lomba yang sudah menjadi panduan pelaksanaannya. Tak ingin tampil alakadarnya, para pemilik domba jagoan sengaja menghias hewan kesayangannya dengan aksesoris yang sebagus mungkin, hingga tampak gagah dan mentereng.

    Tak hanya dihias dengan kalung yang kebanyakan berwarna merah, domba yang akan mengikuti kontes juga diberi kalung bunga dan diberi sesajian khusus oleh pawang. Semua persiapan peserta dan pelaksanaan kontes berlangsung sambil diiringi oleh musik tradisional Sunda. Para pemilik dan timnya pun menggunakan pakaian khas pangsi Sunda berwarna hitam, serta memakai iket atau topi kulit.


    Setiap domba garut yang mengikuti kontes adu ketangkasan akan ditandingkan sesuai kategorinya. Misalnya, domba berbobot 75 kg yang termasuk ke dalam kelas A, akan diadu dengan lawan yang seimbang dan berada pada kategori atau kelas yang sama.

    Saat akan ditandingkan, kedua pemilik domba membawa jagoannya masing-masing ke dalam arena atau pakalangan. Sesudah siap, pemilik akan melepaskan dombanya untuk bertanding. Kedua domba tersebut secara naluriah akan mengambil ancang-ancang dengan mundur ke belakang, lalu berlari saling berhadapan.

    Suara tumbukan antara tanduk kedua domba yang beradu akan terdengar cukup keras. Sebelum kedua kepala itu beradu, domba meloncat untuk menabrakkan tanduk mereka. Domba yang tampak tangguh dan masih kuat untuk bertarung akan dinyatakan sebagai pemenang.


    Menaikkan Nilai Jual


    Meski kontes atau lomba ketangkasan domba ini memberi hadiah bagi para pemenangnya, sebenarnya ada keuntungan yang lebih besar untuk para peternak atau pemilik domba garut yang meraih kemenangan.

    Setiap prestasi yang diraih di dalam kontes seperti ini secara otomatis akan menaikkan nilai jual domba yang dimilikinya. Tak tanggung-tanggung, harga domba juara bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekornya, dan bisa lebih tinggi lagi.

    Hal ini mendapat perhatian dari Dandim 0613/Ciamis yang menyampaikan sambutannya melalui Perwira Penghubung Mayor Czi Budi Ariyanto.

    “Kontes seni ketangkasan domba Garut yang digelar dalam rangka HUT TNI ke-77 ini bertujuan mendorong para peternak domba, dan sekaligus menguji ketangkasan domba,” ucap Mayor Budi.

    Pergelaran seni ketangkasan ini, imbuhnya, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian peternak domba di wilayah Jawa Barat. Di sisi lain, penyelenggaraan kontes akan memacu semangat para peternak untuk merawat domba jagoannya dengan sebaik-baiknya.

    Source: @kodimciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi