• FYI

    23 Oktober 2022

    Peringatan Hari Santri Nasional Digelar Meriah Sesudah 2 Tahun Pandemi, Bupati Ciamis dan Wabup Berbagi Kebahagiaan dengan Para Santri


    Ribuan santri yang berasal dari berbagai pondok pesantren di wilayah Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, pada hari Sabtu (22/10/2022), bertempat di Taman Lokasana, Ciamis.

    Upacara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya yang bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Ciamis yang digelar secara langsung.


    Sebelumnya, selama dua tahun berturut-turut, upacara Hari Santri Nasional terpaksa dilaksanakan secara terbatas, akibat adanya pembatasan kegiatan terkait penanganan pandemi COVID-19.

    Bupati Herdiat dalam amanatnya menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas. Menteri Agama menyatakan bahwa Hari Santri adalah milik semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, dan milik mereka yang memiliki keteguhan dan menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

    Sebagaimana diketahui, tema Hari Santri Nasional tahun 2022 adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Tema ini mencerminkan peran santri dalam sejarah bangsa, karena selalu ada di setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.


    Para santri nampak antusias mengikuti kegiatan, mengingat upacara Hari Santri baru dapat kembali dilaksanakan secara meriah setelah dua tahun dilaksanakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19.

    Dalam amanatnya Bupati Ciamis menyampaikan, sejak ditetapkan pada tahun 2015, peringatan Hari Santri rutin dilaksanakan secara serentak pada setiap tanggal 22 Oktober tiap tahunnya.

    Seusai upacara, Bupati Ciamis dan Wakil Bupati turut larut dalam kegembiraan bersama para santri yang terus menyanyikan lagu. Keduanya ikut menabuh 'alat musik' yang dibawa oleh para santri.

    Foto: @prokopim.ciamis, @kemenag.kabciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi