• FYI

    04 November 2022

    Jalur Penghubung BBI Sukamaju Di-hotmix, Warga: Sekarang Terasa Seperti di Kota


    Aspirasi warga Ciamis mengenai kondisi jalan yang merupakan akses mobilitas dari dan menuju tempat tinggalnya, selama ini cukup banyak disampaikan melalui berbagai media, baik media berita online maupun media sosial.

    Umumnya, dibutuhkan waktu dan kesabaran sebelum harapan warga terhadap perbaikan kondisi jalan menjadi kenyataan. Pasalnya, perbaikan jalan memerlukan proses dari mulai pengusulan, perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaannya.

    Tak heran, saat perbaikan jalan mulai dilaksanakan dan akhirnya siap dipakai, masyarakat menyambut dengan kegembiraan dan rasa syukur. Sebagian warga di beberapa lokasi bahkan mewujudkan rasa syukur dengan mengadakan acara syukuran.

    Menjelang akhir bulan Oktober 2022, kabar baik datang dari kawasan Dusun Bangunsirna, Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Masyarakat pengguna jalan sudah mulai dapat menikmati hotmix baru yang melintasi wilayah tersebut.

    Proyek perbaikan jalan sepanjang lebih kurang 3 kilometer tersebut mencakup jalan penghubung menuju Balai Benih Ikan (BBI) Sukamaju yang selama ini cukup ramai dilalui warga. Jalan menuju BBI Sukamaju selama ini menjadi jalur pintas atau alternatif dari wilayah Kertasari ke arah Baregbeg atau sebaliknya, tanpa melewati pusat kota Ciamis.


    Kini, jalan penghubung yang penting ini tak hanya sudah di-hotmix, tapi juga bertambah lebar dengan pengecoran pada bagian pinggirnya. Warga dapat melalui Jalan Bangunsirna sampai ke simpang YPS dengan nyaman.

    “Tanggapan masyarakat sangat positif, soalnya bisa merasakan jalan kampung di-hotmix. Selama ini belum pernah merasakan jalan bagus. Sekarang di sini terasa seperti di kota,” tutur Yana, salah seorang warga setempat kepada CIAMIS.info.

    Penantian warga, imbuh Yana, sudah cukup lama. Seingatnya, jalan tersebut pernah diaspal pada sekitar tahun 2012, tetapi hanya aspal siram saja dan bukan hotmix.

    Sebagai catatan, pada 17 Agustus 2020, Yana pernah menghubungi CIAMIS.info untuk menyampaikan kondisi jalan di dusunnya yang rusak. Kini, ia tak lupa kembali menyampaikan update dengan kondisi yang sudah berubah 180 derajat.

    Akses jalan yang halus mulus ini sangat bermanfaat bagi warga yang akan menuju ke SMK YPS, Kantor Desa Sukamaju, atau ke kampus Unigal. Tak hanya itu, ungkap Yana, peningkatan kualitas jalan diprediksi akan meningkatkan harga pada transaksi jual-beli tanah di kawasan tersebut.

    Kontributor: @yanabonayy
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi