• FYI

    06 November 2022

    Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0613 Ciamis Tanam Jagung Hibrida di Desa Tanjungjaya Cisaga


    Kodim 0613/Ciamis melakukan penanaman jagung di lahan demplot seluas 2,5 hektar yang terletak di lokasi PTPN Lemahneundeut, Dusun Sukajaya, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

    Penanaman jagung tersebut merupakan wujud nyata dukungan terhadap program pemerintah untuk membangun ketahanan pangan, melalui Program Pembinaan Ketahanan Pangan Kodim 0613/Ciamis Tahun Anggaran 2022.

    Kamis (3/11/2022), Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., yang didampingi babinsa dan ibu-ibu Persit Koramil 1312, melakukan peninjauan sekaligus pemupukan di lokasi demplot tanaman jagung tersebut.

    Turut hadir dalam giat tersebut, Kapolsek Cisaga yang didampingi babinkamtibmas, Koordinator BPP Kecamatan Cisaga, Perangkat Desa Tanjungjaya, Mandor PTPN Cisaga, dan para petani.

    Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi pada kesempatan tersebut menyampaikan, bibit jagung hibrida jenis Betras 1 yang ditanam pada lahan demplot sudah berumur 13 hari.


    "Tanaman jagung berumur 13 hari, kurang lebih setinggi 15 cm, dengan kondisi sehat ini, sudah saatnya dilaksanakan pemupukan," tuturnya.

    Pemupukan jagung, imbuhnya, menggunakan pupuk organik dan biofertilizer BIOS 44 DC untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan produksi, serta menambah kesuburan tanah. Tak hanya itu, jika diberikan dengan dosis yang tepat dapat membantu menghambat hama atau pertumbuhan penyakit.

    Dandim 0613/Ciamis berharap, melalui penanaman jagung ini Ciamis dapat turut mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan jagung.

    Tanaman jagung, imbuh Dandim, juga merupakan salah satu komoditas pertanian di luar padi, yang memiliki prospek baik di masa depan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Source: @kodimciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi