• FYI

    22 Februari 2023

    Dihantam Ledakan Akibat Kebocoran Gas, Dinding Rumah Warga Mekarbuana Hancur Berantakan


    Ledakan yang diduga kuat disebabkan oleh kebocoran pada penggunaan tabung gas elpiji 3kg, merusak sebuah rumah yang beralamat di Blok Babakan, Dusun Cogreg RT 001 RW 007, Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

    Peristiwa ledakan yang mengejutkan warga setempat tersebut terjadi pada hari Senin (20/2/2023) sekitar pukul 19.20 WIB. Saat itu, pemilik rumah yang bernama Anersih (54) baru saja pulang dari mesjid untuk melaksanakan ibadah salat isya berjamaah.

    Tabung gas yang digunakannya di dapur diduga mengalami kebocoran, sehingga seusai ditinggalkan ruangan rumahnya banyak mengandung gas. Dalam keadaan demikian, Anersih tak sadar malah menyalakan kompornya. Percikan api seketika menyambar kumpulan gas dan menyebabkan ledakan kuat.

    Dokumentasi yang diambil sesaat setelah kejadian, menunjukkan rumah Anersih mengalami kerusakan cukup parah, terutama di bagian dapur dan ruang depan. Akibat kuatnya ledakan, kusen jendela rumah dan pintu pun sampai terlepas, dan pasangan batu bata dinding berserakan.

    Pemilik rumah Anersih mengalami luka bakar dan langsung dibawa ke Puskesmas Gardujaya untuk mendapatkan penanganan medis. Sementara itu, meski mengalami ledakan, tidak terjadi kebakaran yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih parah lagi pada rumah tersebut.

    Kejadian ini kembali mengingatkan warga, terutama para pengguna gas sebagai bahan bakar untuk kegiatan memasak, untuk memastikan keamanan peralatan yang digunakan. Kebocoran sebenarnya dapat segera diketahui oleh pengguna dengan munculnya bau gas yang sangat menyengat.

    Beberapa tindakan penting untuk mengamankan diri jika mencium bau menyengat gas di dapur, di antaranya adalah: pertama, jangan panik, sebab kepanikan dapat mendorong tindakan yang malah berbahaya. Selanjutnya, usakan menutup kebocoran dengan jari, atau jika memungkinkan dapat dengan lap basah atau barang lain yang dapat segera menutup kebocoran secara cepat dan sempurna, Sebaiknya secepatnya membuka pintu atau jendela lebar-lebar untuk menghilangkan konsentrasi gas yang terkumpul di dalam ruangan.

    Selanjutnya, hal lainnya yang sangat penting untuk diperhatikan yakni jangan menyalakan api, merokok, atau menyalakan saklar listrik pada saat tercium bau gas. Terlebih lagi jika berada di ruang tertutup dengan konsentrasi gas yang sudah tercium sangat kuat.

    Kontributor: @sai.laannasya
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi