• FYI

    07 April 2023

    Gagalkan Tindak Curanmor, Koptu Asep Komar Hadang dan Jatuhkan Terduga Pelaku di Panjalu


    Personel TNI AD dari Kodim 0613/Ciamis bernama Koptu Asep Komar berhasil menggagalkan usaha pencurian kendaraan bermotor roda dua yang pada Selasa (4/4/2023) dini hari. Upaya yang dilakukannya ini tergolong luar biasa, sebab prajurit yang kini bertugas di Koramil 1306/Panjalu tersebut diketahui memiliki keterbatasan fisik.

    Ia melakukan penghadangan terhadap terduga pelaku curanmor di depan Makoramil 1306/Panjalu yang terletak di Jalan Raya Panjalu-Sukamantri, Dusun Hujungtiwu RT 10 RW 03, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

    Penghadangan tersebut bermula dari dirinya menerima laporan dari warga Dusun Tengger, Desa Tenggerraharja, Kecamatan Sukamantri, melalui sambungan telepon pada pukul 02.10 WIB, yang menyebut telah terjadi pencurian sepeda motor, dan pelaku diduga akan melintasi Jalan Raya Panjalu-Sukamantri.

    Perkiraan warga korban curanmor ternyata benar-benar terbukti, sebab pada sekitar pukul 02.30 WIB, terduga pelaku dengan ciri-ciri yang disampaikan kepada Koptu Asep Komar, melintas di depan Makoramil Panjalu. Ia segera menghadang terduga pelaku curanmor tersebut dan terpaksa menghentikannya dengan memukul menggunakan kayu hingga orang tersebut jatuh tersungkur dan pingsan.

    Tak berapa lama, melintas lagi seorang pengendara motor dan bertanya pada Koptu Asep Komar. Tanpa disadari Koptu Asep Komar, ternyata sang penanya adalah teman dari terduga pelaku curanmor yang pingsan. Terbukti, segera setelah terduga pelaku yang jatuh dan pingsan tersebut siuman, ia langsung dibawa kabur menggunakan motor temannya, meninggalkan lokasi penghadangan. Sementara itu, sepeda motor yang tadinya akan dicuri dapat diselamatkan dan diamankan di Koramil Panjalu.

    Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Koptu Asep Komar dalam menggagalkan tindak kejahatan ini.

    “Meskipun dengan keterbatasan fisik yang kurang sempurna, Koptu Asep Komar berhasil menggagalkan pencurian kendaraan bermotor yang menimpa warga Dusun Tengger. Dengan insting prajuritnya, Koptu Asep Komar berhasil menghadang dan menggagalkan pencurian kendaraan bermotor roda dua," tuturnya.

    Dandim sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Koptu Asep Komar, sebab dinilainya telah menunjukkan loyalitas total seorang prajurit dalam mengabdi pada bangsa dan negara, meskipun memiliki keterbatasan fisik yang tidak sempurna.

    Sumber: @kodimciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi