• FYI

    12 Juni 2023

    Bukan Kebetulan, Pasangan ini Peringati Hari Jadi Kabupaten Ciamis dan Wedding Anniversary Bersamaan!


    Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang selalu jatuh pada tanggal 12 Juni setiap tahunnya, membawa makna mendalam lain bagi pasangan suami-istri Gamar dan Tia. Tahun 2023 ini, pasangan yang kini sudah dikarunia seorang buah hati ini kembali memperingati titimangsa mulai berlayarnya bahtera rumah tangga mereka. Bukan kebetulan, Hari Jadi Kabupaten Ciamis merupakan hari pernikahan mereka.

    Tia Herlina, S.A.P., yang berasal dari daerah Padaherang, Kabupaten Pangandaran dan Raden Gamar Pratama Kusuma Ningrat, S.T., M.T., asli Ciamis, menikah pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, atau genap dua tahun yang lalu. Pernikahan mereka dilaksanakan tepat pada saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-379. Penetapan hari pernikahan tersebut ternyata memang sudah merupakan hasil perencanaan yang matang.

    Ditanya kenapa kenapa menikah pada hari tersebut, Tia mengaku segala sesuatunya sudah dipertimbangkan secara mendalam oleh pihak keluarga. Pemilihan tanggal 12 Juni juga dilakukan oleh ‘sepuh’ (orang tua atau yang dituakan). Tak hanya itu, tanggal yang dipilih juga bersanding dengan Hari Jadi Kabupaten Ciamis.

    “Kabupaten Ciamis adalah kabupaten yang memberi cerita manis dalam perjalanan cinta kami,” ungkap Tia pada CIAMIS.info.

    Besarnya keterkaitan batin antara keluarga dua mempelai dengan Tatar Galuh Ciamis rupanya tak hanya tercermin dalam pemilihan tanggal pernikahan, tetapi juga sejak prosesi lamaran. Hari yang dipilih keluarga calon mempelai laki-laki saat itu juga bertepatan dengan berlangsungnya kegiatan ‘Mieling Ngadegna Galuh’.

    “Masya Allah tabarakallah, rasanya luar biasa. Saya bahagia, terharu, dan bangga karena bisa wedding bersamaan dengan Hari Jadi Ciamis,” ucap ibu muda yang kini bekerja di almamaternya tercinta, Universitas Galuh Ciamis. Ia mengungkapkan, pertemuan awal dengan suaminya juga terjadi di kampus tersebut, yakni pada saat keduanya mengikuti kegiatan ekskul yang sama.

    Tia menambahkan, karena selalu memperingati dua hal berharga pada setiap tanggal 12 Juni, dirinya selalu berharap yang terbaik untuk Kabupaten Ciamis maupun keluarganya.

    “Saya berharap, di usia yang ke-381 ini Kabupaten Ciamis semoga terus tumbuh dan berkembang menjadi kabupaten yang dikenal dengan kebudayaannya, kekeluargaannya, gotong royongnya, dan bisa dikenal di Indonesia maupun dunia,” tuturnya bersemangat.

    Ia juga berharap yang terbaik untuk keluarganya dan semua warga Ciamis. “Semoga kami sebagai generasi penerus bisa meneruskan dan melanjutkan regenerasi di keluarga kami, mewariskan hal-hal baik dari budaya luhur yang hidup di Tatar Galuh ini,” pungkasnya.

    Edtior: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi