• FYI

    27 September 2023

    Mantap! Perkenalkan Kuliner Brolendo, Dapur CK Ciamis Raih Juara Favorit CIFEST Jabar 2023


    Kabar baik datang dari dunia kuliner Ciamis. Dapur CK (Cool Kedai), pegiat kuliner yang berasal dari Desa Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, yang mengangkat karya sinematografi tentang produk Brolendo (Brownies Galendo), berhasil meraih prestasi sebagai juara favorit pada ajang CIFEST (Cinematography of Investment Festival) Jawa Barat tahun 2023.

    Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Provinsi Jawa Barat, dan merupakan lomba hasil karya konten kreatif dalam bentuk videografi, dengan tujuan mengangkat peluang yang menarik para investor untuk berinvestasi pada usaha mikro kecil di Jawa Barat.

    Kabar keberhasilan Dapur CK meraih juara disampaikan oleh pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis kepada CIAMIS.info pada Rabu (27/9/2023), dan dapat ditelusuri pada unggahan DPMPPTSP Provinsi Jabar pada channel YouTube-nya. Sebelumnya, pada 9 Agustus 2023, Dapur CK ditetapkan sebagai salah satu dari 15 nominator pemenang CIFEST 2023 yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat.

    Baca juga: Berawal Nekat, Produk Kuliner Dapur CK dari Rancah Kini Merambah Nusantara

    Rian Aulia Dwilazuaris, mewakili Dapur CK, mengungkapkan rasa syukur dan gembiranya dengan pencapaian yang telah diraih ini. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada DPMPTSP Jabar sebagai penyelenggara event, di mana Dapur CK menjadi satu-satunya wakil Kabupaten Ciamis yang berkesempatan mengikutinya.

    Selain itu, ia menyampaikan terima kasih kepada DPMPTSP Ciamis, DKUKMP Ciamis, Dispar Ciamis, para sponsor, dan pihak terkait lainnya, yang telah memberikan support dan dukungan hingga Dapur CK meraih prestasi pada event CIFEST 2023 tersebut.


    Brolendo, Inovasi untuk Mengangkat Budaya Lokal Khas Ciamis

    “Semoga ini bukan hanya seremonial saja, tapi bisa memberikan dampak positif untuk untuk kami khususnya dan kemajuan UMKM Kabupaten Ciamis,” tutur Rian saat dihubungi CIAMIS.info, menanggapi prestasi yang diraihnya.

    Ditambahkannya, menjadi juara bukanlah tujuan utama. Namun, melalui inovasi Brolendo (Brownies Galendo), Dapur CK mempunyai visi untuk bisa mempromosikan dan mengangkat budaya lokal khas Ciamis dengan cita rasa dan pengemasan yang modern.

    “Kami berkomitmen untuk menggunakan dan memaksimalkan potensi bahan baku lokal yang berkualitas baik, dengan cara berkolaborasi juga mengedukasi serta memberdayakan UMKM dan petani lokal Ciamis, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomi untuk tumbuh bersama dalam mencapai kesejahteraan bersama,” imbuhnya.

    Dispar Ciamis: Brolendo Sejalan dengan ‘Priangan Timur Geulis’

    Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, S,Ag., M.M., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Dapur CK sebagai pelaku usaha ekonomi kreatif subsektor kuliner di Kabupaten Ciamis, yang telah lolos di dalam penjaringan dan finalisasi hingga menjadi pemenang.

    “Pencapaian Dapur CK ini sejalan dengan visi Kabupaten Ciamis, yaitu ‘Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera untuk Semua’,” tuturnya.

    Pengembangan subsektor ekonomi kreatif unggulan, imbuh Kepala Dispar Ciamis, juga merupakan bagian dari program ‘Priangan Timur Geulis’ yang diluncurkan oleh 6 kabupaten dan kota se-Priangan Timur, melalui penandatanganan MoU atau pakta integritas pada tanggal 9 September 2023, bertempat di Situs Budaya Karangkamulyan.

    Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, H. Andang Andi, S.H., S.Pd., M.M., menyebut, subsektor ekonomi kreatif unggulan terdiri atas kuliner, fashion, dan kriya. Dengan adanya program ‘Priangan Timur Geulis’, diharapkan Kabupaten Ciamis khususnya dapat menyuguhkan paket-paket wisata yang bukan terdiri atas objek dan atraksi wisata saja, tetapi juga ‘spending of money’-nya tercapai, yaitu ‘something to buy’ melalui subsektor ekraf unggulan.

    Lebih lanjut ia mengungkapkan, subsektor unggulan berkonsep menggali potensi Sumber Daya Alam yang ramah lingkungan, atau ‘Green Forest’ yang berkelanjutan, serta budidaya tanaman perkebunan maupun pertanian yang menjadi produk unggulan khas daerah Kabupaten Ciamis, yang seirama dengan pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah Kabupaten Ciamis.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi