• FYI

    24 September 2023

    Sempat Rusak dan Dikeluhkan Warga, Kini Jalur Jahim Sukamantri Mulus Kembali


    Setelah sempat dikeluhkan oleh para pelintas jalur Ciamis-Majalengka via Jahim Sukamantri, kabar baik akhirnya datang dari wilayah tersebut. Jalan yang sebelumnya berlubang dan membuat perjalanan tidak nyaman, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan atau kerusakan kendaraan, kini sudah mulus dan aman untuk dilewati. Perbaikan dilakukan oleh dinas/instansi terkait selama beberapa waktu ke belakang. Secara umum pekerjaan terlihat tinggal menyisakan pembuatan marka jalan dan sudah dapat dilalui dengan lancar.

    Sekitar bulan April 2023, kondisi jalan tersebut menjadi perhatian warga pelintas jalur Ciamis-Sukamantri-Cikijing, karena rusak parah. Kondisi tersebut jika dilewati kendaraan, terlebih roda dua, sangat riskan menimbulkan kecelakaan.


    Jika area sekitar sedang diguyur hujan, kondisi ini akan bertambah parah. Jalan yang menjadi licin dan berlubang-lubang dapat membuat pengemudi sepeda motor kehilangan kendali dan terjatuh. Terlebih, jika pelintas melakukan perjalanan malam, kondisinya semakin mengkhawatirkan.

    Kini, setidaknya di sisi wilayah Kabupaten Ciamis jalur tersebut sudah mendapat perbaikan, dengan aspal hotmix yang membuat perjalanan nyaman dan aman. Sedangkan sisi lainnya di wilayah Kabupaten Majalengka masih menunggu proses perbaikan.


    Perbaikan jalan ini memperlancar dan mempercepat waktu perjalanan warga yang terbiasa melalui jalur Jahim Sukamantri. Selain memang menjadi pilihan warga Ciamis utara karena dapat memotong waktu perjalanan jika sedang memiliki keperluan ke wilayah Kabupaten Majalengka, jalur Jahim juga populer bagi para penikmat wisata alam yang menyukai suasana hutan pinus yang rindang dan sejuk.

    Meski kini jalan aspal sudah menjadi mulus dan nyaman, pengendara yang melintasi jalur ini tetap harus berhati-hati. Jalur Jahim Sukamantri selain memiliki keterbatasan lebar jalan, juga berada di wilayah yang memiliki kontur berbukit-bukit. Selain membutuhkan keterampilan dan kesabaran pengemudi, kondisi kendaraan juga harus dipastikan layak jalan.

    Kontributor: @hadiyanae
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi