• FYI

    09 November 2023

    Tim Damkar Ciamis dan BKSDA Berhasil Evakuasi 2 Ekor Buaya Muara dari Kolam Milik Warga di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku


    UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan BKSDA Wilayah III Ciamis melaksanakan evakuasi terhadap 2 ekor buaya muara (Crocodylus porosus) pada hari Rabu (8/11/2023) sekira pukul 10.30 WIB, bertempat di Dusun Buniasih RT 02 RW 11, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

    Proses evakuasi terhadap kedua ekor reptil yang dilindungi tersebut bermula dari laporan yang masuk dari Yanti, warga Dusun Buniasih, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, tentang keberadaan 2 ekor buaya di tempat tinggalnya.

    Kedua ekor buaya muara tersebut ditempatkan secara terpisah, di mana satu ekor berada di kolam yang terletak di depan rumah pelapor, sedangkan satu ekor lainnya berada di kolam yang terletak di belakang warung kopi.

    Tim Damkar Ciamis dan BKSDA Wilayah III Ciamis, dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, dengan disaksikan warga melaksanakan proses pemindahan kedua reptil tersebut untuk kemudian dibawa oleh petugas BKSDA.

    Kedua buaya muara tersebut memiliki panjang masing-masing sekitar 2,5 meter dan 1,8 meter. Pada saat dievakuasi, buaya ditempatkan pada kandang besi dan memerlukan penanganan secara bersama-sama, baik karena ukuran panjang maupun bobotnya, serta tingkat risiko bahaya dalam pemindahannya.

    Kepada petugas, pelapor mengungkapkan bahwa awalnya kedua buaya tersebut merupakan peliharaan orang tuanya. Namun, seusai orang tua pelapor meninggal dunia, tidak ada lagi yang sanggup mengurus peliharaan yang tidak biasa tersebut. Akhirnya pelapor memutuskan untuk meminta bantuan pihak terkait untuk mengevakuasi satwa dilindungi tersebut.

    Sebagai informasi, keberadaan buaya muara saat ini sudah mengalami kelangkaan dan berstatus dilindungi untuk mencegah spesies reptil tersebut dari kepunahan. Panjang satwa ini di alam bebas dapat mencapai 3-7 meter, dengan bobot 1-1,2 ton. Usia satwa yang disebut sebagai jenis buaya terganas ini bisa mencapai 25-70 tahun dan populasinya tersebar dari mulai India, Indonesia, Papua New Guinea, dan Australia.

    Sumber: @damkarkab.ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi