• FYI

    11 November 2023

    Jadi Daya Tarik Istimewa, 150 Tenant Kuliner Ciamis Ramaikan Galuh Culinary Night


    Galuh Culinary Night, sebuah event yang menyajikan beragam sajian kuliner di Tatar Galuh Ciamis mulai resmi digelar pada hari Sabtu, 11 November 2023, bertempat di area lingkar luar selatan Stadion Galuh Ciamis. Peresmian dihadiri langsung oleh Wakil Bupati H. Yana D. Putra, dan perwakilan dari dinas/instansi terkait, serta pelaku UMKM Kabupaten Ciamis.

    Event yang terbuka untuk umum ini digelar secara rutin pada setiap hari Sabtu sore hingga malam hari, pukul 16.00-23.00 WIB, dengan menghadirkan para pelaku kuliner dan pegiat UMKM Ciamis, baik penyedia kuliner tradisional maupun modern.

    Sebelumnya, pendaftaran untuk peserta atau tenant kuliner sudah dilaksanakan oleh panitia hingga tanggal 4 November 2023, dan berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 80 tenant yang akan memeriahkan event tersebut. Pihak panitia menyebut, untuk menampung antusiasme peserta, pada rencana awal telah disiapkan 150 lokasi untuk tenant yang berminat. Kini, sudah 150 tenant yang bergabung.

    Pelaksanaan Galuh Culinary Night merupakan jawaban atas aspirasi warga dan para pegiat usaha kuliner Ciamis yang selama ini merindukan adanya event kuliner terpusat di kota Ciamis. Acara seperti ini dapat memberi alternatif ruang berkumpul warga, wisata kuliner untuk keluarga untuk memperoleh makanan khas atau favorit, sekaligus menikmati hiburan musik yang tersedia.

    Beberapa event ‘culinary night’ sebelumnya telah diadopsi dan dilaksanakan oleh berbagai kota/kabupaten di Indonesia, termasuk yang terdekat yaitu Mambo Kuliner Nite di Tasikmalaya.

    Andri, mewakili panitia Galuh Culinary Night, menyebut tujuan penyelenggaraan event ini adalah untuk memfasilitasi para pegiat bisnis kuliner Ciamis yang masih merasakan kesulitan dalam menjalani kondisi ekonomi saat ini. Diketahui, masa pemulihan sejak era pandemi masih terus berlangsung dan belum dapat dikatakan sudah kembali ke fase normal.

    “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Ciamis,” tuturnya pada CIAMIS.info.

    Ia berharap event Galuh Culinary Night akan dilaksanakan secara permanen, dengan memperhatikan animo dari para pegiat bisnis kuliner maupun target marketnya, yaitu masyarakat Ciamis. Untuk itu, pihaknya sangat terbuka dalam menerima saran dan masukan bagi peningkatan pelaksanaan di masa depan.


    Andri menyebut, terdapat setidaknya 42 dinas dan SKPD yang diundang dalam pembukaan Galuh Culinary Night. Hal ini mencerminkan bahwa meskipun DKUKMP Kabupaten Ciamis memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini, tetapi keberhasilannya akan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk memberi kebermanfaatan yang maksimal bagi masyarakat Ciamis.

    “Harapan kami, ketika para pelaku UMKM kuliner kita wadahi dan fasilitasi, dipusatkan pemasarannya, bisa menjadi suatu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, yang akhirnya bisa meningkatkan perekonomian wargi-wargi Ciamis,” tandas Andri.

    Pihaknya berharap Galuh Culinary Night akan menjadi daya tarik tersendiri, karena selain jalan-jalan, masyarakat Ciamis bisa menikmati aneka jenis makanan yang disajikan oleh pegiat kuliner Ciamis.

    Pembukaan Galuh Culinary Night diharapkan dapat berjalan dengan lancar mulai pukul 19.30 WIB, dan akan disemarakkan oleh tari-tarian tradisional dari sanggar Daya Putra Galuh, serta sajian hiburan musik dari Band Pankoes Ciamis.

    Foto: @galuhculinarynight
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi