• FYI

    13 April 2024

    Longsor Timbun Area Persawahan di Gunungsari Sukanagara, Warga Khawatir Berimbas ke Masjid Jami di Dekatnya


    Musibah tanah longsor terjadi pada tebing sebuah bukit di wilayah RT 16 RW 07 Dusun Gunungsari, Desa Sukanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, pada hari Kamis (11/4/2024) sekitar pukul 21.30 WIB.

    Kejadian tersebut diikuti oleh peristiwa longsor susulan pada hari Jumat keesokan paginya (12/4/2024), sekitar pukul 6.30 WIB, seiring dengan turunnya hujan dengan intensitas cukup tinggi selama dua hari terakhir di berbagai wilayah Kabupaten Ciamis.

    Terjadinya longsor berturut-turut tersebut menimbulkan kekhawatiran warga setempat akan terjadinya bencana susulan berikutnya. Atas pertimbangan ini, warga tidak berani dan menahan diri untuk membereskan material longsoran pada area terdampak, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

    Kekhawatiran lainnya, longsor dengan lebar area terdampak cukup luas tersebut lokasinya berdekatan dengan Masjid Jami Baiturrohman yang merupakan sarana ibadah warga setempat. Masjid tersebut berlokasi di dekat persawahan yang tertimpa material longsoran.

    Tidak dilaporkan adanya korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa longsor ini. Namun, kerugian warga setempat timbul akibat adanya lahan sawah yang tertimbun material longsoran, dan mungkin tidak dapat ditanami dulu untuk waktu yang cukup lama.

    Selain itu, saluran pengairan juga ikut rusak, sehingga gangguan juga dapat merambah ke lahan persawahan lainnya.

    Kontributor: @adit_3142
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi