• Cekidot

    Apa Saja Janji-janji Pak Bupati?


    Minggu, 6 April 2014, merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Ciamis. Pasangan bupati-wakil bupati baru, H. Iing Syam Arifin dan Jeje Wiradinata, telah dilantik secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat di gedung Islamic Center, Ciamis.

    Dalam sambutannya, Bupati Iing Syam Arifin menyatakan bahwa kepemimpinannya ditujukan untuk membawa kesejahteraan dan kondusivitas yang tinggi bagi masyarakat Ciamis. Ia pun menyinggung perbaikan infrastruktur sebagai prioritas kerjanya. Demikian sebagaimana dilansir oleh Fakta-Indonesia.com (6/4/2014).

    Sebenarnya, apa saja janji-janji yang pernah diucapkan Bupati Iing Syam Arifin kepada publik? Salah satunya dapat ditelusuri pada catatan wawancara (4/10/2013) oleh Eli Suherli, wartawan Harapan Rakyat, sesaat setelah pasangan SAJIWA dinyatakan oleh KPUD unggul dalam pilkada.

    Berikut hal-hal penting yang disampaikan Bupati Iing ketika itu:
    1. Penataan birokrasi, sebagai upaya konsolidasi internal, merupakan agenda pertama pemerintahannya. Bentuknya berupa perombakan personil, dan mengisi jabatan dengan orang-orang yang profesional di bidangnya.
    2. Pembagian tugas dengan wakil bupati. Posisi wabup memiliki jangkauan yang sangat luas, dan bertanggung jawab atas banyak hal, di antaranya: kesehatan, pengentasan kemiskinan, pengembangan daya beli, dan banyak lainnya.
    3. Menuntaskan persoalan infrastruktur dalam 3 tahun pertama pemerintahan. Jalan menuju kecamatan akan di-hotmix. Program peng-hotmix-an dapat dilanjutkan untuk jalan poros pedesaan dan menuju lahan pertanian.
    4. Di bidang pendidikan, dalam lima tahun tidak ada lagi bangunan sekolah yang tidak layak huni.
    5. Di bidang kesehatan, mewujudkan puskesmas dengan fasilitas rawat inap, penambahan dokter, peningkatan alat-alat penunjang, mengupayakan berobat gratis di puskesmas.
    6. Peningkatan daya beli masyarakat, dengan peningkatan sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

    Bupati Iing menyadari betul ketergantungan pembangunan terhadap dukungan dan peran serta masyarakat. Karenanya, sejak jauh-jauh hari ia menyatakan bahwa kebersamaan adalah kunci utama, dan meminta dukungan seluruh masyarakat.

    Dapatkan pasangan bupati-wakil bupati baru menepati janji-janjinya? Nampaknya masyarakat harus sedikit bersabar dan memberikan kesempatan pada orang nomor satu dan dua di pemerintahan Kabupaten Ciamis untuk bekerja terlebih dulu. Selamat atas pelantikan, dan semoga sukses!

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi