• FYI

    14 Januari 2024

    Sakola Motekar Dikunjungi Mahasiswa Amerika Serikat, Deni Weje Berharap Ciamis Makin Dikenal Dunia dan Warga Tambah Percaya Diri



    Sebanyak 16 orang mahasiswa yang berasal dari New York University, Amerika Serikat, melakukan kunjungan ke Sakola Motekar yang terletak di Kampung Cibunar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, pada hari Sabtu (13/1/2024).

    Kedatangan belasan mahasiswa dari Negeri Paman Sam tersebut juga disertai 5 orang mahasiswa SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ITB Bandung. Rencananya rombongan mahasiswa tersebut akan berada di Sakola Motekar selama tiga hari, yakni 13-15 Januari 2024. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka ‘Short Winter Course’ bertema “Embracing diversity; challenges and context in sustainability".

    Founder Sakola Motekar Denny Wahyu Jayadi yang akrab disapa Deni Weje menyebut, SBM ITB sudah 3 tahun terakhir mengajak mahasiswa asing berkunjung ke sekolah yang dipimpinnya. Tahun 2022, misalnya, SBM ITB mengajak para mahasiswa dari Queensland University, Australia. Sedangkan pada tahun 2023, SBM kembali mengajak mahasiswa dari 8 negara untuk datang ke Sakola Motekar.


    Kunjungan para mahasiswa asing ke Sakola Motekar adalah dalam rangka ‘field study’ setelah sebelumnya mendapat pembekalan di ruang kelas. Para mahasiswa diharapkan dapat menangkap suasana dan melihat langsung peristiwa di lapangan, terutama dalam hal praktik budaya kerja sama, kolaborasi lintas sektor, serta kegiatan-kegiatan kolaboratif yang dilakukan secara mandiri dan gotong royong.

    Tak tinggal di hotel, para mahasiswa asing justru membaur dengan tinggal di rumah warga desa. Mereka juga diajak untuk mengenal dan melakukan ‘kaulinan baheula’ (permainan zaman dulu) bersama anak-anak setempat. Selain itu, mereka juga mengikuti aktivitas berkebun, hiburan dan berkesenian bersama warga setempat.

    Dimintai tanggapannya mengenai kedatangan para mahasiswa Amerika Serikat ini, Deni Weje mengajak warga Ciamis untuk lebih percaya diri dengan potensi sendiri.

    “Saya berharap Ciamis semakin dikenal dunia, dan bagi warga Ciamis semoga semakin percaya diri. Kita punya berbagai potensi yang bisa dieksplorasi, dan bisa menjadi inspirasi bagi berbagai daerah lain, bahkan sampai ke mancanegara,” tuturnya.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi