• FYI

    19 Juli 2022

    Akhiri Penantian, Warga Kutawaringin Sambut Gembira Kehadiran Jalan Aspal Hotmix Baru


    Penantian warga Dusun Sukamaju, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, untuk mendapatkan infrastruktur jalan yang baik dan nyaman kini terwujud sudah.

    Terhitung sejak tanggal 4 Juli 2020 yang lalu pengaspalan hotmix pada jalur Bantardawa-Kutawaringin dilaksanakan untuk menyambung dengan jalan yang telah diaspal sebelumnya pada bulan Juni tahun lalu.

    Baca juga: Penantian Jadi Kenyataan, Aspal Hotmix Lintasi Desa Padaringan


    Pengaspalan hotmix ini meningkatkan kualitas jalan yang menghubungkan Dusun Bantarsari, Desa Pasirlawang, dengan Dusun Sukamaju, Desa Kutawaringin. Dengan demikian, tersisa jalur jalan dari Dusun Sukamaju menuju ke Bojongnangka yang belum di-hotmix, dan hanya tinggal sedikit lagi untuk menyambungkan jalur tersebut.

    Peningkatan kualitas jalan di jalur utama Kecamatan Purwadadi yang merupakan wilayah terluar Kabupaten Ciamis ini, yang berbatasan dengan Kota Banjar dan Provinsi Jawa Tengah, disambut gembira oleh masyarakat setempat.

    “Masyarakat di sini merasa bahagia, jalan langsung ramai dipakai gowes dan lain-lain, apalagi tiap sore,” tutur Rendy, kontributor CIAMIS.info yang juga merupakan warga Desa Kutawaringin.


    Jalan yang kini mulus dan nyaman ini, imbuhnya, dulu sering dikeluhkan warga karena berlubang dan kondisinya rusak. Kini, masyarakat menjadi lebih antusias, pergi ke mana-mana lebih lancar dan terasa nyaman, serta tidak lagi takut jatuh dari kendaraan karena jalan berlubang atau licin.

    “Sekarang lancar, dari Kutawaringin ke Pasar Ciawitali juga paling 15 menit sudah sampai, sudah full hotmix dan enak untuk dilalui,” ujar Rendy.

    Diungkapkannya, hampir semua jalan sudah diperbaiki, dan ada yang masih diproses untuk dilanjutkan, misalnya akses jalur Bantardawa ke arah Padaringan. Diharapkan, perbaikan infrastruktur seperti ini menjadi upaya untuk menuju Ciamis yang lebih baik dan nyaman.

    “Saya sebagai warga menyambut baik pisan dengan adanya jalan baru ini, jadi mempermudah warga menjalani mobilitas. Intinya berterima kasih banget lah ke Pemkab Ciamis beserta jajarannya,” imbuh Rendy.


    Kondisi jalan yang sempat rusak selama sekian lama, ungkapnya, selama ini kerap menimbulkan penilaian tersendiri di benak warga Purwadadi. Hal ini disebabkan oleh dekatnya Purwadadi dengan Kota Banjar, bahkan dapat dikatakan wilayahnya ‘dibelah’ oleh kota tersebut. Warga setiap kali ingin menuju atau meninggalkan Purwadadi akan melewati Kota Banjar yang kondisi jalannya jauh lebih baik.

    Kini, jalan hotmix baru nan mulus sudah terhampar di wilayah Purwadadi, sebagai bagian untuk memeratakan pembangunan infrastruktur ke berbagai pelosok daerah. Pembangunan ini diharapkan akan memicu pertumbuhan ekonomi secara signifikan ke depannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Kontributor: @rendyjulfhiana13
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi