• FYI

    28 Maret 2022

    Permintaan Pasar Tinggi, Anggota Poktan Gunung Galuh Antusias Tanam Ulang Jagung Kristal


    Pelaksanaan kegiatan ubinan pada demplot jagung kristal Kelompok Tani Gunung Galuh yang berlokasi di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang menggembirakan.

    Mengutip laman Kementerian Pertanian RI, metode ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen.

    Kegiatan ubinan jagung kristal yang telah berlangsung pada hari Senin (14/3/2022) tersebut dihadiri oleh para pengurus dan anggota Kelompok Tani Gunung Galuh, penyuluh BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Ciamis, pihak UPTD Pengembangan Pertanian dan Ketahanan Pangan (PPKP) Wilayah Ciamis, dan pihak Kelurahan Sindangrasa.


    Kegiatan pengambilan ubinan berlangsung dengan lancar dari mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB, dan menggunakan perhitungan melalui aplikasi "BPS Survey Ubinan" untuk mengetahui prediksi hasil panen per luas tanaman.

    Ubinan dilakukan pada kebun percontohan penanaman jagung kristal dengan luas 0,28 hektar atau 200 bata.

    Demplot jagung kristal tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan "Bagja Babarengan" yang digagas oleh Staf Ahli Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia Bupati Ciamis Yadi Tisyadi dan dilaksanakan bersama Gapoktan Sugih Mukti Kelurahan Sindangrasa.

    Launching demplot jagung kristal Gapoktan Sugih Mukti yang berlangsung pada Rabu (1/9/ 2021) dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Asda, Staf Ahli Bupati, Kepala DPKP (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan), Camat Ciamis, Lurah Sindangrasa, dan para penyuluh dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Ciamis.

    Pemilihan jagung kristal untuk ditanam pada demplot, berdasarkan pertimbangan adanya beberapa keunggulan, yaitu: harga per kilogramnya lebih tinggi daripada jagung hibrida dan jagung manis, umur tanaman yang lebih pendek (genjah), dan permintaan pasar yang tinggi karena produksi jagung jenis ini belum banyak.


    "Penanaman jagung kristal juga sangat potensial sebagai alternatif pemanfaatan lahan, terutama pada lahan-lahan yang kurang produktif," tutur Koordinator Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Ciamis Nina Kustiani, S.ST.

    Ditambahkannya, hasil pelaksanaan ubinan mendapat respon positif dari para petani, yang cukup antusias untuk menanam kembali jagung kristal, terutama menjelang musim kemarau.

    Lurah Kelurahan Sindangrasa Muhamad Faizal Ronald, S.STP., menilai pembuatan demplot jagung kristal oleh DPKP Kabupaten Ciamis, melalui UPTD PPKP dan BPP Kecamatan Ciamis merupakan proses transfer ilmu yang sangat bermanfaat.

    "Kami hadir secara langsung dari pemerintahan kelurahan dan melihat kondisi di lapangan. Kami berterima kasih kepada Dinas Pertanian melalui Balai Penyuluh Pertanian dan juga UPTD yang telah memberikan ilmu kepada poktan, dan kami juga berterima kasih kepada petani yang mengelola lahan dengan baik untuk meningkatkan pendapatan mereka," tuturnya.

    Pihaknya berharap, seluruh potensi lahan pertanian milik Pemda bisa dimanfaatkan dan menjadi peningkatan pendapatan para petani.

    "Lahan pertanian sejatinya harus dipergunakan untuk kemakmuran rakyat," pungkasnya.

    Kontributor: Ir. Mulyani Fatonah, Penyuluh Pertanian Wilayah Kelurahan Sindangrasa
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi